Apa itu MAC Address atau bisa juga disebut Media Access Control address . adalah sebuah alamat fisik (Physical Address) pada sebuah Network Interface yang berfungsi untuk berkomunikasi pada bagian physical network. Sedangkan IP ADDRESS adalah sebuah alamat yang di berikan ke setiap device kita yang berguna untuk terhubung ke jaringan komputer dengan memanfaatkan INTERNET PROTOCOL untuk bisa saling berkomunikasi. Mengapa terdapat mac address dan IP ADDRESS ??

begini, saya analogikan seperti ini. Anggap saja anda memiliki rumah dengan pemilik bernama PLOPER dan alamat rumah anda berada di JL. BUNTU. dari analogi tersebut kita bisa asumsikan bahwa nama pemilik rumah dalam hal ini PLOPER bisa kita anggap sebagai MAC ADDRESS (Physical Address) dan alamat rumah anda yang dalam hal ini adalah JL. BUNTU bisa kita anggap sebagai IP ADDRESS (Logical Address). Lho kok bisa ? begini, ketika anda pindah rumah apakah nama rumah anda akan berubah ? pasti orang akan tetap memanggil rumah baru anda adalah rumahnya PLOPER.dan yang berubah hanyalah alamat rumah PLOPER saja kan ? misalnya JL. TIDAK BUNTU adalah alamat rumah PLOPER yang baru. begitu juga dengan MAC ADDRESS dan IP ADDRESS. ketika anda menggunakan laptop anda dan menghubungkannya ke sebuah jaringan hotspot (misal di kampus), maka anda akan mendapatkan IP ADDRESS sesuai hotspot di kampus tersebut dan sebuah MAC ADDRESS dari Network interface laptop anda. dan ketika anda pulang dan menghubungkan laptop anda ke hotspot rumah anda, maka anda akan memperoleh IP ADDRESS yang baru sesuai hotspot rumah anda. akan tetapi tidak dengan MAC ADDRESS anda. MAC ADDRESS laptop anda akan sama saja walaupun anda menghubungkan laptop anda ke jaringan Hotspot yang berbeda.

Sekarang yang menjadi pertanyaan awal adalah mengapa ada MAC ADDRESS dan IP ADDRESS ?? begini, kembali ke analogi alamat rumah tadi dan juga nama pemilik rumah tadi. Misal anda ingin mengirimkan sebuah barang ke rumah anda, informasi apa yang perlu anda beritahu kepada pengirim barang ? pastinya alamat rumah anda yaitu JL. TIDAK BUNTU dan nama penerimanya yaitu PLOPER. sama halnya dengan pengiriman paket di jaringan komputer. ketika sebuah komputer ingin mengirimkan paket ke komputer anda, maka dia perlu tahu alamat anda (IP ADDRESS) dan nama pemiliknya (MAC ADDRESS).

berikut adalah penjelasan angka2 yang tertera dalam mac address :

Contoh : 01:23:45:67:89:ab

dan berikut adalah penjelasan IP ADDRESS :

contoh IPv4 : 172.16.254.1
dan berikut adalah penjelasan IPv6

contoh penulisan IPv6 : 2001:0DB8:AC10:FE01:0000:0000:0000:0000
atau bisa ditulis : 2001:0db8:AC10:FE01::

Jadi Kesimpulannya MAC ADDRESS dan IP ADDRESS dibutuhkan oleh komputer kita untuk bisa saling berkomunikasi di jaringan komputer dengan menggunakan Internet Protocol.


1 comments: